LOVE CHILD OF YOU



Jika anda ingin anak anda berkembang, biarkan mereka mendengar hal baik yang anda katakan tentang mereka kepada orang lain – Dr Haim Ginott


                                        

Anak bukan tamu biasa di rumah kita. Mereka telah dipinjamkan untuk sementara waktu kepada kita dengan tujuan mencintai mereka dan menanamkan nilai-nilai dasar untuk kehidupan masa depan yang akan mereka bangun – Dr. James C Dobson
 
Sebisa mungkin, sebagai seorang Ibu saya berusaha tidak membentak anak. Karena satu bentakan akan menghancurkan jutaan sel di dalam otaknya. Sedangkan dalam kondisi golden age usia 0-5 tahun, perkembangan dari otak balita mencapai fase paling tinggi. Dia akan menyerap apa saja yang dia rasakan, dia dengar, dia lihat, dan dia raba. Bayangkan saja, jika dengan mudahnya kita membentak anak yang dasarnya dia belum mengerti apa-apa, kemudian kita memarahinya karena merusak barang-barang di rumah. Apa jadinya otak mereka, jika setiap kali dia melakukan hal-hal yang membuat rumah berantakan kita sebagai ibu selalu memarahinya? Memarahi boleh, tetapi dengan tutur bahasa yang lembut. Menggunakan kata-kata sederhana yang mampu dipahami sesuai usianya. Tetapi membentak, secara tidak langsung kita membunuh otak mereka dengan perlahan. 

Di lain sisi, sebagai ibu kita menuntut dan menginginkan anak menjadi anak yang pintar, cerdas, dan berkepribadian baik. Tetapi kita tidak pernah menyadari bahwa untuk membentuk karakter anak harus dimulai dari diri kita sebagai orang tua, terlebih sebagai ibu.  Karena ibu adalah sekolah pertama untuk anak-anaknya. Dan sebagai sebuah sekolah, sudah seharusnya kita memberikan pendidikan yang baik. Mentanamkan ilmu-ilmu yang baik. Membentuk karakter anak dengan baik. Secara tidak langsung, ibu yang paling bertanggung jawab atas semua sikap dan sifat yang dimiliki anak. Maka dari itu, saya terus belajar menjadi ibu yang baik. Bukan hanya menuntut anak menjadi pribadi yang baik.


Banyuwangi, 2016

#OneDayOnePost
#HariKesembilan

5 komentar

  1. Mbak zulfa ada rekomendasi buku yg bagus ttg mendidik anak? Mau siap2 ilmu ttg anak dlu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak izzati..
      hhmm apa ya? sejauh ini saya sering baca-baca di internet aja mbak. Tapi bukunya Ust. Yusuf Mansur yang tentang mendidik anak secara islam itu bagus mbak:)

      Hapus
  2. Salam kenal,mbak.
    Saya rOMa.
    Saya belum menikah. Tp saya sependapat dgn mbak. Semoga sharing ilmu ini bisa jadi bekal saya kelak menjadi seorang ibu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, mbak roma salam kenal juga
      sering-sering sharing ilmu yaaa...

      Hapus
  3. Salam kenal,mbak.
    Saya rOMa.
    Saya belum menikah. Tp saya sependapat dgn mbak. Semoga sharing ilmu ini bisa jadi bekal saya kelak menjadi seorang ibu.

    BalasHapus